Healthy Dimsum (In Collaboration with Development Class)

Menu dimsum kali ini kita berkolaborasi dengan murid kita dari Development Class, sebelumnya  mereka sudah membuat dimsum dengan menu tersebut dalam agenda di Mutiara Harapan Islamic School yaitu Market Day 2022. Kenapa dinamakan dimsum sehat? Apa yang membedakan dimsum ini dengan yang biasa? Karena dalam bahannya kita hanya menggunakan tepung untuk kulit saja, untuk isinya GLUTEN FREE 🥳

Bahan:

  • Kulit dimsum
  • Minyak goreng

Bahan isi:

  • Daging ayam (bagian Paha) cincang 250 gram
  • Udang 50 gram
  • Bawang Putih goreng 3 siung (tanggung)
  • Bawang Merah goreng 3 buah (tanggung)
  • Daun bawang, cincang halus 3 batang
  • Labu Air 100 gram
  • Tepung Tapioka (bisa diganti tepung mocaf/tepung kentang) 10 sdm
  • Saus Tiram 1 sdm 
  • Saus Ikan 1 sdm
  • Minyak Wijen 2 sdm
  • Telur 1 Butir
  • Gula 1 sdt
  • Garam secukupnya
  • Merica Bubuk 1/2 sdt
  • Air Es Batu 100 Ml

Bahan Topping :

  • Parutan Wortel
  • Ekor udang
  • Keju slice
  • Daun Bawang

Cara:

1. Hancurkan bawang putih dan bawang merah sampai menjadi bubuk.

2.Siapkan Meat Processors/Chopper, masukkan daging ayam, udang dan bubuk bawang putih bawang merah, tepung,air es batu , merica bubuk , telur, saus tiram, dan saus ikan hingga tercampur rata.

3. Tuang kedalam wadah, dan masukkan bahan-bahan isian yang tersisa, campur hingga rata.

4. Untuk mendapatkan bentuk yang sama dan cantik. Siapkan cetakan kue talam/bolu kukus, masukkan kulit dimsum kedalam cetakan. Dan ambil 1 sdm adonan isian, masukkan kedalam kulit.

5. Beri topping sesuai yang diinginkan lalu kukus selama kurang lebih 10 menit, jika ingin menjadi makanan Frozen bisa langsung diambil, didinginkan. Masukkan kedalam wadah kedap udara dan bekukkan. Kalau ingin dikonsumsi langsung kukus kurang lebih  menit 20 menit.

6. Sajikan bersama saus bangkok atau chili oil.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

× Digital Admission