Kelompok Bermain dan Taman Kanak-kanak

Kelompok Bermain dan Taman Kanak-kanak

MHIS mengedepankan pentingnya menciptakan lingkungan yang mendidik dan mendukung agar  siswa kami bisa tumbuh dalam kemandirian dan percaya diri, berperan sebagai pembelajar yang aktif serta menghargai orang lain serta lingkungan alam di sekitarnya. Harapan kami dengan lingkungan yang bersahabat, anak-anak bisa menumbuhkan jiwa pembelajar sebagai bekal hidup mereka.

Dimulai di Kelompok Bermain,  guru-guru membimbing dan mendidik secara kreatif siswa-siswinya dalam berbagai aspek perkembangan meliputi agama dan pembentukan karakter, bahasa, perkembangan motorik,  kognitif dan seni. Pembelajaran bertumpu pada tema dan subtema yang terintegrasi, yang dikemas dengan pendekatan bermain dan beraktivitas.

Di tingkat Taman Kanak-kanak, siswa berkembang melalui bermain dan beraktivitas dan secara bertahap masuk ke dalam pembelajaran kurikulum yang lengkap meliputi; agama dan pembentukan karakterperkembangan bahasa, kognitif, motorik dan seni. Pembelajaran bertumpu pada tema dan subtema yang terintegrasi, yang dikemas dengan pendekatan belajar yang menyenangkan, belajar sambil melakukan, dan pendekatan multiliterasi.

Aspek-aspek pembelajaran juga didukung dengan kegiatan melalui 6 area belajar untuk Kelompok Bermain yaitu Area Gemar Membaca dan Menulis, Area Konstruksi, Area Seni, Area Bermain Peran, Area Berkebun, Area Alam; pasir, air, tanaman dan batu-batuan kecil. Untuk Taman Kanak-kanak ditambahkan 1 area khusus lagi yaitu Area Teknologi dan Informasi.

 

Di sekolah kami, kegiatan pembelajaran dirancang untuk menstimulasi kesiapan fisik dan mental anak didik kami sesuai dengan tahapan perkembangan. Kami percaya dengan :

  • Belajar sambil bermain. Anak-anak diberi kebebasan dan kesempatan yang luas untuk belajar bersosialisasi sesama teman, dan juga aktif dalam kegiatan pembelajaran.
  • Pendekatan yang berorientasi pada anak sesuai tahapan perkembangannya dan disampaikan dalam suasana ceria, karena anak-anak yang merasa aman dan nyaman akan bisa mengerti dan belajar dengan lebih baik.
  • Memberi kesempatan pada anak untuk mengembangkan kemampuan sosial dan belajarnya, serta kebiasaan baiknya melalui rutinitas sehari-hari
  • Pengembangan komunikasi dan bahasa yang sangat mudah dan cepat terjadi di periode emas ini.
  • Membimbing anak-anak dengan menitikberatkan pada proses, juga hasil karya yang bisa dilakukan secara mandiri.

 

Kurikulum di sekolah kami meliputi:

  • Pendidikan Agama Islam dan Pembentukan Karakter
  • Aspek kognitif 
  • Aspek kreatif (drama, musik, seni dan budaya)
  • Perkembangan motorik
  • Perkembangan emosi (mengenal diri sendiri)
  • Perkembangan sosial (pembelajaran terintegrasi)

 

Beberapa kegiatan yang dilakukan di sekolah antara lain:

  • BTQ
  • Circle time (berdoa, dibacakan surah dan hadits)
  • Qur’an
  • Upacara Bendera 
  • Gerak dan musik
  • Permainan 
  • Membacakan cerita
  • Sholat dhuha berjamaah

 

Program intrakurikuler meliputi:

  • Fun cooking
  • Berkebun
  • Field study
  • Outing
  • Berenang
  • Kegiatan keagamaan
  • Hari Membaca
  • Bersedekah
  • Perayaan hari besar nasional dan internasional
  • Students assembly
  • Kegiatan bersama Orang Tua
  • Wisuda TK

 

Program ekstrakurikuler meliputi:

  • Tae Kwondo
  • Phonics
  • Tarian tradisional